My Review of Book of Lies

5:18 AM 0 Comments

 Saya sudah lama tidak mengupdate blog ini dan saya juga sudah lama tidak membaca buku. Satu atau dua minggu lalu saya menemukan sebuah judul buku yang menarik di Internet ketika saya sedang membuka page wikipedia Brad Meltzer, beliau adalah seorang penulis buku yang juga menulis cerita untuk komik. Identity Crisis adalah karya Brad Meltzer yang pertama kali saya baca dan sampai sekarang itu masih menjadi salah satu cerita yang pernah saya baca. Tetapi dalam postingan ini saya tidak akan membahas tentang Identity Crisis, tetapi tentang buku dia yang lain yaitu The Book of Lies.



  Ketika saya sedang membaca page wikipedia saya menemukan tentang buku yang dibikin trailernya oleh Brad Meltzer dan menampilkan Josh Whedon sang pencipta Buffy the vampire slayer. Wah sebagai seorang nerd saya langsung tertarik dan kemudian membaca bahwa buku ini membahas tentang Pembunuhan pertama di dunia yang dilakukan oleh Kain kepada Abel adiknya juga menghubungkannya ke pembunuhan Mitchell Siegel, ayah dari Jerry Siegel pencipta Superman. Membaca sinopsis cerita yang seperti itu, saya langsung tertarik untuk membelinya. Dan saya pun langsung mencari-cari ke toko buku yang menjual buku import. Dan akhirnya menemukannya di Kinokinuya Plaza Senayan.

  Karakter buku utama ini adalah Calvin Harper seorang yang mempunyai pekerjaan untuk memberi bantuan kepada para tunawisma yang hidup di jalanan. Masa kecil Calvin tidak menyenangkan karena ia menyaksikan ibunya meninggal ketika berkelahi dengan ayahnya, walaupun ibunya mati karena faktor ketidaksengajaan ayah calvin, Lloyd Harper didakwa dan berhasil dipenjara selama 19 tahun. Dan itu semua terjadi ketika Calvin berumur sembilan tahun. Sekarang lebih dari 19 tahun, Calvin yang sekarang dipanggil Cal tidak pernah lagi bertemu ayahnya, hingga ia menemukan ayahnya di sebuah taman berdarah karena luka tembak. Setelah lama tidak bertemu Cal menjadi penasaran dan mencoba mencari tahu apa yang ayahnya kerjakan dan ia menemukan sang ayah mempunyai pekerjaan sebagai seorang kurir yang kebetulan mengantar sebuah muatan yang mungkin ilegal. Ini diketahui karena pekerjaan Cal sebelumnya adalah Agent Federal Cukai dan Imigrasi, dan di dalam jaket ayahnya yang tertembak ia menemukan sebuah kertas yang berisikan hold notice yaitu ketika barang dicurigai oleh pemerintah. Oleh karena itu ia berusaha mengikuti dan menyelidiki ayahnya lebih lanjut.


     Cal menemukan bahwa ia dan ayahnya bukan terlibat dalam sekedar penyelundupan barang-barang terlarang tetapi sebuah pencarian artefak yang berhubungan dengan pembunuhan pertama di dunia dan ini juga melibatkan penciptaan karakter Superman.


   Saya setalah memulai membaca buku ini, cenderung tidak bisa berhenti membacanya karena ceritanya sungguh membuat rasa penasaran di dalam diri saya. Brad Meltzer melakukan riset yang sangat mendalam dengan memasukkan fakta-fakta yang ada di dalam cerita fiksi ini. Fakta-fakta yang dimasukkan adalah cerita tentang penciptaan Superman dan beberapa pandangan tentang ahli tentang Kain. Saya merasa buku ini adalah apa yang terjadi ketika Da Vinci Code bertemu dengan Superhero yang menghasilkan sebuah cerita yang sangat menarik. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk penggemar mystery thriller dan juga penggemar superman.





Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: